Panduan Sholat Tahajud Lengkap

Assalamu'alaikum

Bagaimana cara melakukan sholat tahajud, dan kapan waktu untuk melakukan sholat tahajud. Berikut Panduan Sholat Tahajud Lengkap.

Sholat Tahajud dikerjalan setelah bangun tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.


Waktu Untuk Sholat Tahajud

1. Sholat Tahajud dikerjakan pada malam hari waktu sepertiga malam pertama, yaitu Setelah sholat Isya’. 

2. Sepertiga malam kedua menjadi salah satu waktu terbaik untuk menjalankan Sholat Tahajud. Rentang waktu ini pada pukul 22.00 hingga 01.00. Waktu Sepertiga malam yang kedua ini diyakini memiliki fadhilah dan keiistimewaan tersendiri.

3. Selanjutnya adalah di waktu sepertiga malam terakhir. Antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh. Ini adalah waktu yang paling utama untuk Sholat Tahajud.


Roka'at Sholat Tahajud

Sholat tahajud minimal dikerjakan sebanyak dua rakaat, maksimal ada yang mengatakan 8 hingga 12 raka'at. Sebagian ulama menyebutkan tidak ada batasan maksimal raka'at untuk melakukan sholat tahajud.

Sholat tahajud dikerjakan setiap 2 raka'at di ikuti dengan salam. Misalnya Sholat Tahajud 4 raka'at, setelah kita selesai 2 raka'at kita salam, kemudian lanjut dengan raka'at ke 3 dan seterusnya.

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

"Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Takbiratul ikhram

اَ للهُ ا َكْبَرُ

Allahu Akbar

"Allah maha besar"

Membaca Doa Iftitah

Kemudian membaca doa iftitah. Hanya dibaca pada raka'at pertama saja

اللهُ أَكْبَر كَبِيرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهُ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً.أنى وَجَّهْتُ وَجُمِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا مسلما وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شريك له وبذلك أُمِرْتُ وأنا من المُسْلِمِينَ

Allahu akbar kabiro walhamdulillahi katsiro wa subhanallahi bukrotaw-wa ashila. Inni Wajjahtu wajhiya lilladzi fatarassamawati wal ardha hanifam-muslima wama anaminal musyrikin. inna shalati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil 'alamin. La syarikalahu wabidzalika umirtu wa anaminal muslimin.

"Aku menghadapkan wajahku kepada Sang Pencipta langit dan bumi, dengan penuh ketulusan dan penyerahan. Aku juga tidak tergolong dalam kelompok orang musyrik. Semua salatku, ibadahku, kehidupanku, dan kematianku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam semesta, tidak ada sekutu bagi-Nya. Oleh karenanya, aku dengan tulus menerima perintah-Nya dan aku adalah seorang muslim."


Membaca Al-Fatihah 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۝ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ۝ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ ۝ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ ۝ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ۝ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ۝ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ۝

Bismillahir rahmanir rahim, alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, ar rahmanir rahim, maliki yaumid din, iyyaka na‘budu wa iyyaka nasta‘in, ihdinash shirathal mustaqim, shirathalladzina an‘amta ‘alaihim, ghairil magh dhubi ‘alaihim, wa ladh dhallin.

"Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pemilik hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Bimbinglah kami ke jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat."

Menbaca Surat Pendek

Kemudian membaca surat-surat pendek, misalnya surat Al-Kafirun

قُلْ يٰۤاَ يُّهَا الْكٰفِرُوْنَ . لَاۤ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَ . وَلَاۤ اَنْـتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ . وَلَاۤ اَنَاۡ عَا بِدٌ مَّا عَبَدْ تُّمْ . وَ لَاۤ اَنْـتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ . لَـكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ 

Qul yaaa ayyuhal kaafiruun, laaa a'budu maa ta'buduun, wa laaa angtum 'aabiduuna maaa a'bud, wa laaa ana 'aabidum maa 'abattum, wa laaa angtum 'aabiduuna maaa a'bud, lakum diinukum wa liya diin.

"Katakanlah (Muhammad), Wahai orang-orang kafir!, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

Setelah selesai dua raka'at dan membaca tahiyat akhir, kemudian salam.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalamu'alaikum warahmatullah

"Semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu."

Untuk bacaan dan gerakan dalam sholat tahajud sama dengan gerakan dan bacaan sholat fardhu.

Panduan Sholat, gerakan dan baca'an lengkapnya silahkan baca disini


Doa setelah Sholat Tahajud

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللَّهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikian penjelasan singkat Panduan Sholat Tahajud Lengkap. Semoga bermanfa'at

Wabillahi taufiq wal hidayah waridho wal innayah. Wassalamu'alaikum



Posting Komentar

0 Komentar