Sholawat Nariyah Arab, Latin dan Artinya, Siapakah pengarangnya?

Assalamu’alaikum 

Tentu sudah banyak yang mengenal Sholawat Nariyah. Insyallah saya akan membahas Sholawat Nariyah. Lengkap Text Arab Latin dan Artinya, Siapakah pengarangnya ?. Mari, langsung saja...


Asal - usul terciptanya Sholawat Nariyah

Sebagian Ulama menamakan Sholawat Nariyah ini dengan sebutan Shalawat Tafrijiyah yang artinya pemisah / memisahkan. Akan tetapi, para Ulama maghribi menyebutnya dengan nama Shalawat Nariyah. Nama tersebut diambil dari nama pengarangya yaitu Muhammad Abdul Wahab At-Tazi Al-Maghribi yang di kenal dengan "Syaikh Nariyah". Menurut sejarah, beliau hidup di zaman Rasulullah, dan termasuk sahabat Nabi, yang menekuni bidang ketauhidan. Syaikh Nariyah ini mendapat inspirasi dalam mengarang Shalawatnya dari Rasulullah, saat berjuang dalam menyebarkan agama islam dan menyampaikan wahyu Allah swt, sehingga beliau selalu mendoakan Rasulullah agar selalu sejahtera dan keselamatan selalu tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad.


Pada Suatu malam, Syaikh Nariyah membaca Sholawat Nariyah karanganya sebanyak 4444 kali, dan Allah memberinya karomah (kemuliaan) tersendiri baginya. Keesokan harinya, beliau menghadap Rasulullah, dan beliau meminta agar beliau didoakan oleh Nabi masuk surga pertama kali bersama Rasulullah, dan Nabi Muhammad pun mengaminkannya.  


Lafadz Sholawat Nariyah 

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ صَلَاةً  كَامِــلَـةً وَّسَلِّـمْ سَلَامًـا تَــامًـا عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُـحَمَّدِ نِالَّـذِىْ تَـنْـحَلُ بِـهِ الْــعُـقَـدُ وَتَــنْـفَـرِجُ بِهِ الْـكُرَبُ وَتُـقْضٰى بِهِ الْحَـوَائِـجُ وَتُــنَالُ بِهِ الرَّغَـائِبُ وَحُسْنُ الْخَـوَاتِـمِ وَيُسْتَسْقـٰى الْغَـمَامُ بِــوَجْـهِهِ الْكَـرِيْمِ وَعَـلـٰى أَلِـهِ وَصَحْـبِهِ فِى كُلِّ لَـمْـحَـةٍ وَنَــفَـسٍ بِـعَـدَدِ كُلِّ مَـعْـلُـوْمٍ لَك

ALLAAHUMMA SHOLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADINIL LADZII TANHALLU BIHIL ‘UQODU WA TANFARIJU BIHIL KUROBU WA TUQDHOO BIHIL HAWAA IJU WA TUNAALU BIHIRROGHOOIBU WA HUSNUL KHOWAATIMI WA YUSTASQOL GHOMAAMU BI WAJHIHIL KARIIMI WA ‘ALAA AALIHII WA SHOHBIHII FII KULLI LAMHATIN WA NAFASIN BI ‘ADADI KULLI MA’LUUMIN LAKA.

 
Artinya : “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Muhammad. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan (ikatan) dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikanlah segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah, dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada seluruh keluarga dan para sahabatnya, pada setiap kehidupan mata dan hembusan nafas, bahkan pada sebanyak pengetahuan-Mu.”

Lantunan Sholawat Nariyah, Penenang Hati


Demikian penjelasan singkat Sholawat Nariyah Arab, Latin dan Artinya, Siapakah pengarangnya?.
Mohon ma'af apabila ada kesalahan kata dan penulisan. 

Semoga bermanfa'at, Wassalamu'alaikum

Posting Komentar

0 Komentar