Panduan Sholat Taubat Lengkap

Assalamu' alaikum

Panduan Sholat Taubat Lengkap. Tentang Taubat dari Dosa - dosa. Mungkin tanpa kita sadari, hingga detik ini kita masih melakukan dosa - dosa kecil atau bahkan dosa besar.

Ketika pintu taubat sudah tertutup. Yakni ketika nafas sudah sampai di kerongkongan. Tidak akan ada gunanya lagi rasa penyesalan. Disaat itulah tertutup sudah pintu taubat. Maka, janganlah berkata "Saya masih muda, taubatnya nanti saja pada saat tua". Ingat, maut tidak mengenal usia, tidak mengenal tempat. Kapan pun, dimana pun dia bisa datang.

Foto Ilustrasi

Pengertian Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah sholat untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa - dosa yang telah dilakukan. Dan bertekad tidak akan mengulangi perbuatan dosa tersebut.

Sholat Sunnah Taubat yaitu dua raka'at dengan satu salam.

Cara Sholat Sunnah Taubat sama seperti Sholat yang lain, Baik itu bacaan maupun gerakan dalam sholat. Untuk lebih jelasnya Silahkan baca Panduan Sholat Lengkap.

Waktu terbaik untuk melakukan sholat taubat adalah sepertiga malam yang terahir dan dilanjutkan dengan sholat tahajud.


Larangan Melakukan Sholat Taubat

1. Sejak terbit fajar  hingga terbitnya matahari

2. Ketika matahari terbit sampai matahari naik sepenggalan

3. Ketika matahari tepat berada ditengah-tengah sampai terlihat condong

4. Sejak selepas sholat Ashar sampai menjelang matahari tenggelam

5. Ketika matahari tenggelam sampai matahari benar-benar sempurna tenggelam

Tata cara Sholat Taubat

1. Niat mengerjakan sholat sunnah Taubat

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْ بَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَا لَي
Ushallii sunnatat taubati rak’ataini Lillaahi ta’alaa,

“Aku niat sholat sunnah taubat dua raka'at karena Allah ta'alaa”.

2. Takbiratul Ikhram

اَ للهُ ا َكْبَرُ
Allahu Akbar

"Allah maha besar"

3. Membaca Doa Iftitah

Kemudian membaca doa iftitah. Dibaca pada raka'at pertama saja.

اللهُ أَكْبَر كَبِيرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهُ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً.أنى وَجَّهْتُ وَجُمِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا مسلما وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شريك له وبذلك أُمِرْتُ وأنا من المُسْلِمِينَ

Allahu akbar kabiro walhamdu lillahi katsiro wa subhanallahi bukrotaw wa ashila. Inni Wajjahtu wajhiya lilladzi fataras samawati wal ardha hanifam muslimaw wama anaminal musyrikin. inna shalati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil 'alamin. La syarikalahu wabidzalika umirtu wa anaminal muslimin.

"Aku menghadapkan wajahku kepada Sang Pencipta langit dan bumi, dengan penuh ketulusan dan penyerahan. Aku juga tidak tergolong dalam kelompok orang musyrik. Semua salatku, ibadahku, kehidupanku, dan kematianku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam semesta, tidak ada sekutu bagi-Nya. Oleh karenanya, aku dengan tulus menerima perintah-Nya dan aku adalah seorang muslim."


4. Membaca Al-Fatihah 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۝ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ۝ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ ۝ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ ۝ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ۝ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ۝ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ۝

Bismillahir rahmanir rahim, alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, ar rahmanir rahim, maliki yaumid din, iyyaka na‘budu wa iyyaka nasta‘in, ihdinash shirathal mustaqim, shirathalladzina an‘amta ‘alaihim, ghairil magh dhubi ‘alaihim, wa ladh dhallin.

"Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pemilik hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Bimbinglah kami ke jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat."

4. Membaca Surat Pendek

Membaca surat - surat pendek yang ada di dalam Al-qur'an, misalnya surat Al-kafirun.

قُلْ يٰۤاَ يُّهَا الْكٰفِرُوْنَ . لَاۤ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَ . وَلَاۤ اَنْـتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ . وَلَاۤ اَنَاۡ عَا بِدٌ مَّا عَبَدْ تُّمْ . وَ لَاۤ اَنْـتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ . لَـكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ 

Qul yaaa ayyuhal kaafiruun, laaa a'budu maa ta'buduun, wa laaa angtum 'aabiduuna maaa a'bud, wa laaa ana 'aabidum maa 'abattum, wa laaa angtum 'aabiduuna maaa a'bud, lakum diinukum wa liya diin.

"Katakanlah (Muhammad), Wahai orang-orang kafir!, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

5. Setelah dua raka'at dan membaca tahiyat akhir, ditutup dengan salam

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalamu'alaikum warahmatullah

"Semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu."

Setelah selesai mengerjakan Sholat Sunnah Taubat, berdo'a lah dan memohon ampunan atas segala dosa - dosa. Perbanyak membaca istighfar.


Doa Sesudah Sholat Taubat

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ . تَوْبَةَعَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهٖ ضَرًّا . وَلَا نَفْعًا وَلَا مَوْتَا وَلَا حَيَاةً وَلَا نُشُوْرًا 

Astaghfirullahal adhiim al ladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi, Taubata ‘abdin dhoolimin laa yamliku li nafsihii dhorro, Wa laa naf ’an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuroo.

"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, aku mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu terjaga. Aku memohon taubat kepada-Nya, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai kekuatan untuk berbuat mudharat ataupun manfaat, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti”.

Kemudian membaca Doa Sayyidul Istighfar

Doa Sayyidul Istighfar

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي . وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ . أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ . أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي . فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ 

Allahumma anta Rabbii laa ilaha illaa anta kholaqtanii, wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ahdika wa wa’ dika mastatha’ tu, A’uudzu bika min syarri maa shana’tu, Abuu’u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu’u laka bidzanbi faghfir lii, Faghfirlii fainnahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta.

"Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, yang tiada Tuhan yang pantas disembah melainkan Engkau. Tuhan yang telah menciptakan diriku. Aku adalah hamba-Mu dan aku ada dalam perjanjian-Mu, yang dengan segala kemampuanku aku laksanakan perintah-Mu. Aku berlindung dari segala perbuatan buruk yang aku lakukan kepada-Mu. Engkau telah mencurahkan nikmat-Mu kepadaku, sedangkan aku senantiasa berbuat dosa. Ampunilah dosaku karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau”.

Demikian penjelasan singkat Panduan Sholat Taubat Lengkap.

Semoga bermanfa'at, Wassalamu' alaikum


Posting Komentar

0 Komentar