Panduan Sholat Hajat Lengkap

Assalamu' alaikum

Bagaimana melakukan sholat sunnah hajat yang benar, berikut Panduan Sholat Hajat Lengkap. Agar apa yang menjadi maksud dan tujuan kita lekas tercapai.

Foto ilustrasi

Pengertian Sholat Hajat

Pada dasarnya Sholat Hajat dilakukan untuk memohon / meminta kepada Allah agar hajat kita dapat terwujud atau tercapai. Akan tetapi hajat itu tercapai dengan cepat atau lambat, itu menjadi kehendak Allah SWT.

Seperti hadits Rasulullah, diriwayatkan Imam Ahmad, “Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia minta cepat atau lambat.”


Waktu Terbaik Sholat Hajat

Waktu untuk mengerjakan Sholat sunnah Hajat boleh dilakukan pada siang hari atau malam hari. Akan tetapi lebih dianjurkan untuk melakukan sholat Hajat pada sepertiga malam terahir, setelah Sholat Sunnah Tahajud.

Tata Cara Sholat Hajat

Sholat hajat boleh dikerjakan paling sedikit dua raka'at, dan boleh juga sampai 12 raka'at, di ikuti salam setiap dua raka'at.

1. Niat Sholat Hajat

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَا جَةِ رَ كْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَا لَى

Ushalli Sunnatal Haajati Rak'ataini lilaahi Ta'alaa

"Aku berniat sholat sunnah Hajat dua raka'at karena Allah ta'alaa"

2. Takbiratul Ikhram

 اَ للهُ ا َكْبَرُ

Allahu Akbar

"Allah maha besar"

3. Membaca Doa Iftitah

اللهُ أَكْبَر كَبِيرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهُ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً.أنى وَجَّهْتُ وَجُمِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا مسلما وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شريك له وبذلك أُمِرْتُ وأنا من المُسْلِمِينَ

Allahu akbar kabiro walhamdulillahi katsiro wa subhanallahi bukrotaw-wa ashila. Inni Wajjahtu wajhiya lilladzi fatarassamawati wal ardha hanifam-muslima wama anaminal musyrikin. inna shalati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil 'alamin. La syarikalahu wabidzalika umirtu wa anaminal muslimin.

"Aku menghadapkan wajahku kepada Sang Pencipta langit dan bumi, dengan penuh ketulusan dan penyerahan. Aku juga tidak tergolong dalam kelompok orang musyrik. Semua salatku, ibadahku, kehidupanku, dan kematianku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam semesta, tidak ada sekutu bagi-Nya. Oleh karenanya, aku dengan tulus menerima perintah-Nya dan aku adalah seorang muslim.


3. Membaca Al-Fatihah 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۝ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ۝ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ ۝ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ ۝ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ۝ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ۝ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ۝

Bismillahir rahmanir rahim, alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, ar rahmanir rahim, maliki yaumid din, iyyaka na‘budu wa iyyaka nasta‘in, ihdinash shirathal mustaqim, shirathalladzina an‘amta ‘alaihim, ghairil magh dhubi ‘alaihim, wa ladh dhallin.

"Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pemilik hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Bimbinglah kami ke jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat."

4. Kemudian membaca Surah Al-Kafirun 10x

قُلْ يٰۤاَ يُّهَا الْكٰفِرُوْنَ . لَاۤ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَ . وَلَاۤ اَنْـتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ . وَلَاۤ اَنَاۡ عَا بِدٌ مَّا عَبَدْ تُّمْ . وَ لَاۤ اَنْـتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ . لَـكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ 

Qul yaaa ayyuhal-kaafiruun, laaa a'budu maa ta'buduun, wa laaa angtum 'aabiduuna maaa a'bud, wa laaa ana 'aabidum maa 'abattum, wa laaa angtum 'aabiduuna maaa a'bud, lakum diinukum wa liya diin.

"Katakanlah (Muhammad), Wahai orang-orang kafir!, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

5. Pada Raka'at kedua setelah membaca Al-Fatihah kemudian membaca Surah Al -Ikhlas 10x

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ . اَللّٰهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ ۙ وَلَمْ يُوْلَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ 

Qul huwallahu ahad, allahush-shomad, lam yalid wa lam yuulad, wa lam yakul lahuu kufuwan ahad.

"Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."


6. Setelah membaca Tahiyat akhir, membaca Takbir dan sujud kembali, kemudian membaca Sholawat 10x

اَللّٰهُمّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammaddin wa'alaa aali sayyidinaa Muhammad.

"Ya Allah, berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya."

Kemudian membaca Tasbih 10x

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ ا َكْبَرُ

Subhaannallaahi wal hamdulillaahi walaa ilaaha illalaahu Wallaahu Akbar.

"Maha Suci Allah dan segala puji Bagi-Nya dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Yang Maha Besar."

7. Kemudian membaca Doa Minta Ampunan 10x (Masih dalam keadaan sujud)

رَبَّنَااٰتِنَافِى الدُّنْيَاحَسَنَةً وَفِى اْلاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَاالنَّارِ

Rabbanaa aatinaa Fiddun yaa Hasanah, Wafil aakhirati hasanataw waqinaa 'adzaa bannaar.

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

8. Setelah itu mintalah apa yang menjadi hajat / keinginan kita, cukup ucapkan dalam hati saja. 

9. Kemudian bangkit dari sujud dan salam

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalamu'alaikum warahmatullah

"Semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu."


Do'a Setelah Sholat Hajat

اَ سْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ وَاَ تُوْبُ اِلَيْهِِ

Astagfirullaahal-'aziim Wa atuubu Ilaihi

"Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Besar/Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya"

لَا اِلٰهَ اِلَّااللهُ الْحَكِيْمُ الْكَرِيْمُ . سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ . اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ . اَسأَ لُكَ مُجِباَتِ رَحْمَتِكَ . وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَتَ . مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلَامَةَ . مِنْ كُلِّ ِاِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًااِلَّاغَفَرْ تَهُ . وَلَاهَمًّااِلَّافَرَّجْتَهُ . وَلَاحَاجَةً اِلَّا هِيَ لَكَ رِضًااِلَّا قَضَيْتَهَا . يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Laa ilaaha illallahul khakiimul kariim, subhaanAllahi robbil ‘arsyil ‘adhiim, Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin, As'aluka mujibaati rohmatika, wa ‘azaa ima maghfirotika wal ghoniimata, min kulli birrin Wassalaamata, min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban illaa ghafartahu, walaa hamman illaa farajtahu, walaa khaajatan illaa hiya laka ridhon illaa qodhoitahaa, yaa arhamar raahimiin.

"Tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan pemelihara Arsy yang Agung, segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. KepadaMu aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan keampunanMu, serta terpeliharanya dosa-dosa, memperoleh kebaikan pada tiap-tiap dosa, janganlah Engkau tinggalkan dosa pada diriku, melainkan Engkau ampuni, dan kesusahan, melainkan Engkau beri jalan keluarnya, dan tidak pula suatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

Demikian penjelasan singkat tentang Panduan Sholat Hajat Lengkap.

Semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum


Posting Komentar

0 Komentar