Arti Kalimat Hasbunallah Wani'mal Wakil

Assalamu'alaikum

Apa arti dari kalimat Hasbunallah Wani'mal Wakil?.

Kalimat tersebut sering diucapkan ketika sedang terhimpit masalah atau beban hidup yang kita merasa tidak mungkin menyelesaikannya, dan hanya kepada Allah tempat meminta pertolongan.


Allah SWT adalah tempat untuk berserah diri atas segala permasalahan hidup dan tempat untuk meminta perlindungan dan pertolongan.


Arti kalimat Hasbunallah Wani'mal Wakil

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Hasbunallah wani'mal wakil

"Cukuplah Allah sebagai penolong kami"

Arti kalimat Hasbunallah Wani'mal Wakil, lafaz ini menegaskan bahwa manusia tidak akan pernah dapat menolong dirinya sendiri. Dan hanya kepada Allah tempat meminta pertolongan.

Apapun yang menimpa manusia, masalah apapun itu, memohon dan memintalah pertolongan kepada sang maha penolong, Allah SWT.


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اَلَّذِيْنَ قَا لَ لَهُمُ النَّا سُ اِنَّ النَّا سَ قَدْ جَمَعُوْا لَـكُمْ فَا خْشَوْهُمْ فَزَا دَهُمْ اِيْمَا نًا ۖ وَّقَا لُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

allaziina qoola lahumun-naasu innan-naasa qod jama'uu lakum fakhsyauhum fa zaadahum iimaanaw wa qooluu hasbunallohu wa ni'mal-wakiil

"(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, "Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."" (QS. Ali 'Imran 173)


Rasulullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka. Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung'." (HR Bukhari).

Hanya Allah SWT tempat untuk memohon pertolongan karena manusia adalah makhluk lemah yang tidak memiliki daya upaya.

Demikian uraian singkat tentang Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum



Posting Komentar

0 Komentar