Memilih Calon Istri Inilah Ciri Cirinya Menurut Rasulullah

Assalamu'alaikum

Jika kalian para jomblo yang sedang mencari tau, Apa sih kriteria Perempuan calon istri menurut Rasulullah. Ada 4 ciri - ciri perempuan yang baik untuk dinikahi yang disebutkan Rasulullah.


Memilih Calon Istri Inilah Ciri Cirinya Menurut Rasulullah. Rasulullah telah memberikan petunjuk kepada umatnya dalam sebuah hadist Sahih Al-Bukhari :
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " ‌تُنْكَحُ ‌المَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ: لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ، تَرِبَتْ يَدَاكَ 
 
Dari Abu Hurairah ia berkata, Nabi Muhammad bersabda: Perempuan dinikahi karena empat, yaitu harta, kemuliaan nasab, kecantikan, dan agamanya, pilihlah wanita yang taat kepada agamanya, maka kamu akan berbahagia (beruntung). (HR Al-Bukhari)
 
Syarah Fathul Bariy karya Imam Nawawi menjelaskan bahwa seorang perempuan dinikahi karena empat maksud atau tujuan. yaitu harta, keturunan, kecantikan dan memiliki keta'atan kepada agama.


Seperti yang dijelaskan dalam hadist, bahwa memilih calon istri Ada 4 Ciri - ciri perempuan yang baik untuk dinikahi menurut Rasulullah, yakni :

1. Harta
Carilah istri yang mempunyai materi atau harta yang cukup, setidaknya bisa membantu perekonomian keluarga apabila rumah tangga sedang dalam kesusahan masalah materi.


2. Keturunan
Carilah istri yang mempunyai latar belakang keturunan dari orang - orang yang baik.

3. Kecantikan
Carilah istri yang apabila dipandang, kecantikannya menyejukkan hati, menenteramkan jiwa. Karna yang demikian dapat menghindarkan pandangan dari perempuan di luar rumah.

4. Agama
Carilah istri yang ta'at pada agamanya, insyallah kelak anak - anak yang lahir dari rahim perempuan yang ta'at beragama akan menjadi anak yang sholeh, sholeha. Berbakti kepada kedua orang tua.


Akan tetapi Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengutamakan memilih calon istri yang memiliki keta'atan agama. Seperti dalam sebuah hadits :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌لَا ‌تَزَوَّجُوا ‌النِّسَاءَ ‌لِحُسْنِهِنَّ، ‌فَعَسَى حُسْنُهُنَّ أَنْ يُرْدِيَهُنَّ، وَلَا تَزَوَّجُوهُنَّ لِأَمْوَالِهِنَّ، فَعَسَى أَمْوَالُهُنَّ أَنْ تُطْغِيَهُنَّ، وَلَكِنْ تَزَوَّجُوهُنَّ عَلَى الدِّينِ، وَلَأَمَةٌ خَرْمَاءُ سَوْدَاءُ ذَاتُ دِينٍ أَفْضَلُ

Dari Abdullah bin Umar ia berkata, Rasulullah bersabda: Janganlah engkau menikahi perempuan karena kecantikannya, barangkali kecantikannya menjadikan ia menolak. Dan janganlah engkau menikahi karena hartanya, barangkali hartanya menjadikan ia berlaku curang. Tetapi nikahilah karena agamanya, dan sungguh seorang budak perempuan yang hitam legam yang beragama baik itu lebih utama. (HR. Ibnu Majah)
 
Demikian penjelasan singkat tentang Memilih Calon Istri Inilah Ciri Cirinya Menurut Rasulullah.

Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum


Posting Komentar

0 Komentar